Julia Perez Husnul Khotimah?

Tahun 2013 saya dan teman-teman kuliah sedang asyik-asyiknya dibuat pusing oleh tugas akhir skripsi, revisi dan revisi hasil dari setiap kali bimbingan, beberapa teman saya ada yang menyerah karena stres memikirkan nasib skripsinya yang masih belum beranjak dari bab satu.

Suatu hari saya pergi ke kostan teman saya Doyok untuk sekedar tukar pikiran tentang skripsi, kita berdiskusi dan membahas mulai dari judul sampai pada metode penelitian yang akan digunakan; kualitatif atau kuantitatif, ada hal yang unik dari teman saya yang satu ini, setiap sore menjelang Doyok selalu menonton acara hiburan ‘Pesbuker’, sambil ketawa-ketiwi teman saya tersebut menyaksikan acara tersebut.

“Hiburan dulu Mi biar gak stress”
“Apa faedahnya nonton acara kaya gitu Yok?”
Ellah eta seenaknya kalau bicara, tonton dulu aja sampai beres”
“Enaknya nonton mah sambil ngopi Yok”
Sok atuh tinggal seduh, tuh di lemari ada kopi Luwak”

Entah ada energi apa, tak terasa ternyata benar saya pun terbawa magnet acara tersebut, ketawa sesekali melihat aksi beberapa pemain, yang tanpa sadar telah mengembalikan mood kebahagiaan.

“Rame juga Yok”
Eh atuuh, makanya kita teh butuh hiburan, biar otak fresh”
“Setuju Yok”
Si Olga bisaan ngalucuna, Opie Kumis jago pantuna, tah lamun si Jupe enak ditingalina
(terj: Olga asyik ya ngelucunya, Opie Kumis jago pantunnya, kalau Jupe asyik ditontonnya)

Sejak saat itu saya sering menonton acara tersebut, semacam kecanduan seolah jadi obat stress sementara, dan lama kelamaan sosok Olga, Opie Kumis, Sapri dan Jupe menjadi familiar di mata saya.

Hingga saat Olga meninggal saya merasa sedih, karena orang yang pernah menghibur di saat-saat kita butuh hiburan harus berpulang ke ‘Rahmatullah’. Dan hari ini, satu lagi orang yang pernah membuat saya tertawa saat tugas-tugas menjerat kembali berpulang ke ‘Rahmatullah’, Dia adalah Yuli Rachmawati (Julia Perez). Entah, mungkin sebagian orang akan menganggapnya berlebihan, tapi inilah ungkapan.

Keduanya meninggal dengan kondisi yang hampir sama, sama-sama sedang berjuang untuk kesembuhannya. Dulu saat saya masih SMA, guru ngaji saya pernah berkata:

“Apabila seorang sakit, maka Allah mengutus 4 malaikat untuk datang padanya, Pada keempat malaikat ini Allah memberikan perintah; Malaikat pertama bertugas mengambil kekuatan orang yang sakit sehingga Ia menjadi lemah, Malaikat kedua untuk mengambil rasa lezatnya makanan dari mulutnya, Malaikat ketiga untuk mengambil cahaya terang di wajahnya sehingga berubahlah wajah si sakit menjadi pucat pasi, Malaikat keempat untuk mengambil semua dosanya , maka berubahlah si sakit menjadi suci dari dosa. Namun ketika Allah SWT akan menyembuhkan orang yang sakit tersebut, Malaikat 1,2 dan 3 diperintahkan untuk mengembalikan apa yang sudah mereka ambil; seperti kekuatannya, rasa lezat dilidah, serta cahaya orang yang sakit sehingga kembali terlihat kembali bersemangat. Namun Allah tidak meminta malaikat keempat yang sudah mengambil dosa-dosanya untuk mengembalikan dosa orang yang sakit tersebut”

Maka bersujudlah para malaikat itu kepada Allah seraya berkata : “Ya Allah mengapa dosa-dosa ini tidak Engkau kembalikan?”

Allah menjawab: “Tidak baik bagi kemuliaan-Ku jika Aku mengembalikan dosa-dosanya setelah Aku menyulitkan keadaan dirinya ketika sakit. Pergilah dan buanglah dosa-dosa tersebut ke dalam laut.”

Entah ini Hadits atau bukan, bisa kalian komentar untuk keterangan lebih jelasnya, tapi saya sering mendengar ungkapan seperti itu dari beberapa Ustadz juga, dan sering juga mendengar bahwa orang yang meninggal saat sakit maka Dia meninggal dalam keadaan baik (Husnul Khotimah), saya tidak bisa menentukan baik buruk seseorang, tapi kadang hati merasakan mana yang baik dan mana yang buruk, akan tetapi juga kebenaran baik atau buruk terhadap seseorang itu hanya Allāh yang Mahamengetahui.

Allāhummagfir Lahuma Warhamhuma Waafihima Wa’fu ‘Anhuma (Olga dan Jupe)

3 thoughts on “Julia Perez Husnul Khotimah?

Leave a Reply

