Budaya Sosial Kita Kemana Ya ?

Sebelumnya saya mohon maaf baru bisa menulis lagi di blog sederhana ini, alasannya sih simpel, banyak yang harus diperhatiin dulu kemarin-kemarin mah, tapi Alhamdulillah sudah sebagian besar mendapat perhatian saya. Baiklah, kali ini saya mau sedikit membahas budaya sosial bangsa kita yang perlahan pergi entah kemana, dan entah siapa pula yang mengusir budaya santun tersebut.

Jika di antara kalian ada yang sering menggunakan alat transportasi umum atau fasilitas umum, yuk kita samakan pengalamannya, saya dari SMP sudah terbiasa dengan transportasi umum semacam Ojek maupun Angkot, kisaran tahun 2004 sampai tahun 2009 saya masih merasakan suasana

nyaman saat menggunakan transportasi umum, 2010 saat teknologi mulai menyerang sebagian bangsa ini, ada dampak negatif yang menurut pandangan saya meningkat secara drastis.

Dulu, saat saya masih jadi pengguna transportasi umum, saya hampir tiap hari ada saja ibu-ibu atau bapak-bapak yang mengajak saya ngobrol di angkot, ngobrolin harga sembako yang naik, bensin yang naik 500 perak, bahkan ngobrolin tentang sepak bola, kita tidak saling mengenal latar belakang kita satu sama lain, tapi kita asyik aja ngobrol layaknya anak dan bapak, itu dulu.

Sekarang, ada fenomena yang mengkhawatirkan dimana ‘smartphone addict‘ mulai menular di antara kita, banyak di antara kita yang lebih asyik dengan gadget kita walaupun ditempat umum, sehingga orang yang mau ngobrol dengan kita pun agak ‘kagok’ takutnya mengganggu kita yang asyik bermain gadget, sehingga budaya saling sapa pun perlahan terkikis, ini sekarang.

Saya pernah menulis sebuah artikel dengan judul ‘Smartphone make stupid person‘ yang intinya jika seseorang lebih perhatian terhadap gadget dan cenderung untuk kurang perhatian terhadap sosial maka smartphone hanya membuat kamu seperti orang yang ‘bodoh’ dalam hal intersksi sosial, sekali lagi ini pandangan saya berdasar pengalaman.

Jadi, ayolah seimbangkan perhatian kamu terhadap gadget dan perhatian kamu terhadap lingkungan sosial supaya kamu tidak habis tergerus oleh teknologi yang tidak akan pernah berhenti menggusurmu, mungkin tulisan ini hanya dibaca oleh beberapa teman saya atau orang yang tidak sengaja membacanya, besar harapan saya untuk kembali menikmati situasi sosial layaknya manusia dengan manusia, bukan manusia dengan gadget.

Terima Kasih

Advertisements

2 thoughts on “Budaya Sosial Kita Kemana Ya ?

    1. Wah saya belum lihat videonya tuh mas, kayaknya boleh tuh videonya ditonton, sisi negatif di negara kita lebih cepat menyerap ketimbang sisi positifnya, mudah2an kedepannya bangsa kita menyerap banyak sisi positif.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s